Jawaban Kuis Teknik Pemrograman

1. Asal kata Algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibnu Musa al-Khowarizmi, ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al-muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M.
2. Definisi Algoritma
 Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah
 Urutan logis pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah
a. urutan langkah logis, berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat.
 Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis.
1. alur pikiran, yang artinya algoritma seseorang dapat berbeda dari algoritma orang lain.
2. tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu.

3. Sifat – Sifat Algoritma
Aspek Penting Algoritma :
• Finite > algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas.
• Definite > setiap langkah didefinisikan secara tepat, tidak boleh membingungkan (ambigu).
• Input > sebuah algoritma memiliki nol/lebih input sebelum dijalankan.
• Output > algoritma memiliki satu/lebih output, yang biasanya bergantung kepada input.
• Effective > setiap algoritma diharapkan memiliki sifat efektif. (setiap langkah harus sederhana dan sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).

4. Bahasa Pemrograman
Program harus ditulis dalam suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer yaitu dalam Bahasa pemrogram dibedakan menjadi :
– Bahasa tingkat rendah (low level language) : bahasa yang berorientasi ke mesin.
– Bahasa tingkat tinggi (high level language) : bahasa yang berorientasi ke manusia (seperti bahasa inggris) contoh bahasa Pascal, bahasa C dll.

• Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin (kenal dengan biner digit) dengan menggunakan penterjemah.
Penterjemah :
– Interpreter : menterjemahkan baris per baris
instruksi. Contoh bahasa Basic.
– Compiler : menterjamahkan setelah seluruh
instruksi ditulis. Contoh bahasa Pascal, C,C++, dll.

5. Mendapatkan air 1 liter dari ember 5 liter dan ember 3 liter
• mulai
• Isi ember 3 liter sampai penuh
• Tuangkan air di ember 3 liter ke ember 5 liter, sehingga ember 5 liter berisi 3 liter air dan ember 3 liter kosong
• Isi lagi ember 3 liter
• Tuangkan ke ember 5 liter sampai penuh, sehingga ember 5 liter berisi air 5 liter dan ember 3 liter berisi 1 liter sisa tadi.
• Buang air di ember 5 liter
• Ember 3 liter berisi 1 liter
• Selesai

6. Flowchart adalah simbol-simbol tertentu yang merepresentasikan urutan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah.
7. a. Integer : angka , b. Real : pecahan , c. Const: konstanta, d. Char: bilangan besar, e. Boolean : Kondisi Kebenaran
8. a. Variabel:jenis input , b. Input: masukan, c. Kondisi: proses, d. Output: hasil, e. Looping : pemutaran kembali
9. flowchart untuk memilih 1 bilangan terbesar dari N buah bilangan




Program bilangan;
uses crt
var
b1,b2,b3:integer;
ket:string;
begin
clrscr;
write(’Masukkan Bilangan 1 = ’);readln(b1);
write(’Masukkan Bilangan 2 = ’);readln(b2);
write(’Masukkan Bilangan 3 = ’);readln(b3);
if b1>b2 then
begin
if b1>b3 then
ket:=’bilangan 1’;
else
ket:=’bilangan 3’;
end;
if b2>b3 then
ket:=’bilangan 2’;
else
ket:=’bilangan 3’;
writeln(’Bilangan yang paling besar = ’,ket);
readln;
end.

10.  SMenyebrangkan 3 kanibal dan 3 misionaris
   2 kanibal naik perahu ke seberang kiri
   Pindahkan 1 kanibal ke seberang kiri
   Perahu kembali ke seberang kanan dgn 1 kanibal
   Ulangi langkah 1-3
   2 misionaris naik perahu ke seberang kiri
   Di seberang kiri, tukar 1 kanibal dgn 1 misionaris di perahu
   Perahu kembali ke seberang kanan dgn 1 kanibal dan 1 misionaris
   Di seberang kanan, tukar kanibal di perahu dgn 1 misionaris di seberang kanan
   Perahu kembali ke seberang kiri dgn 2 misionaris
   Turunkan semua misionaris di perahu ke seberang kiri
   Perahu kembali ke seberang kanan dgn 1 kanibal
   Ulangi langkah 1-3
   2 kanibal naik perahu ke seberang kiri
   Turunkan kedua kanibal ke seberang kiri




0 komentar: