Bab 1 Bahasa Pemrograman ( Pascal )

Dasar Program Pascal


Assignment
Komputer bisa mengolah dan menampilkan sesuatu yang ada di dalam memori. Merupakan cara tersederhana untuk "menempatkan" (assign) data ke memori.

Perintah Input (read atau readln)
Perintah digunakan untuk membaca data dari default input - keyboard.
Readln=memeasukkan data perbaris, artinya setelah kita menekan tombol Enter, maka akan ganti baris.
Read=tidak ganti baris, masih dalam baris yang sama.

Perintah Output (write atau writeln )
Perintah digunakan untuk menyajikan data ke default output - key-board.
Contoh: write('TES'); Perintah ini akan menampilkan teks string TES ke layar monitor pada posisi kursor sebelum perintah write dilaksanakan. Setelah menyajikan ke layar, kursor pindah ke ujung teks TES pada baris yang sama. writeln('TES'); Perintah ini akan menampilkan teks TES ke layar monitor pada posisi kursor sebelum perintah write dilaksanakan. Setelah menyajikan ke layar, kursor pindah ke awal baris berikutnya.


Sejarah Pascal

Bahasa PASCAL pertama kali dikembangkan pada awal tahun 70-an oleh NICLAUS WIRTH di Technical University, Zurich – Swiss.

Nama PASCAL diambil dari nama seorang ahli matematika bangsa Perancis, yaitu BLEISE PASCAL yang telah berjasa menemukan alat hitung mekanis pertama didunia pada abad ke-17.

Bahasa pemrograman ini termasuk kategori “High Level Language”. Instruksi-instruksi yang digunakan dalam bahasa pemrograman ini sangat sistematis dan terstruktur.

Pada Awalnya bahasa pemrograman ini diperkenalkan dengan tujuan untuk menjelaskan masalah pemrograman komputer bagi mahasiswa yang belajar pemrograman komputer.

Ternyata dalam waktu singkat, nahasa pemrograman ini menjadi salah satu bahasa yang sangat populer dikalangan universitas, sehingga menjadi julukan sebagai bahasa universitas.

Mulai dari awal perkembangannya hingga saat ini banyak sekali jenis bahasa pemrograman ini, masing-masing merupakan hasil pengembangannya, antara lain :

UCSD Pascal
Microsoft Pascal
Apple Pascal
Turbo Pascal
dsb

Diantara versi-versi yang ada, Turbo Pascal merupakan versi yang sangat populer saat ini.

Struktur Program Pascal

Struktur Pascal
1. Bagian Judul Program
2. Blok Program
a. Bagian Deklarasi
- Deklarasi tipe data (TYPE)
- Deklarasi variabel (VAR)
- Deklarasi konstanta (CONST)
- Deklarasi label (LABEL)
- Deklarasi sub-program (PROCEDURE dan FUNCTION)
b. Bagian Program Utama Perintah-perintah atau Pernyataan

STRUKTUR PROGRAM PASCAL PALING SEDERHANA
begin
statement-statement;
end.

Contoh Program Sederhana
begin
writeln('Saya sedang belajar Bahasa Pascal');
writeln('--------------------------');
readln
end.

Unsur - Unsur Pemrograman

a. Mendapatkan data dengan membaca data dari default input (key board, file atau sumber data lainnya).
b. Menyimpan data ke dalam memori dengan struktur data yang sesuai,
c. Memproses data dengan instruksi yang tepat.
d. Menyajikan atau mengirimkan hasil olahan data ke default output (monitor, file atau tujuan lainnya).

pengenal atau Identifier. Identifier digunakan untuk nama: Program, Sub-program (procedure dan function), nama: Variable, Constant, Type, Label.
Nama-nama ini digunakan untuk pemakaian dan pemanggilan dalam Nama yang dipergunakan du dalam program Pascal disebut dengan program. Ketentuan penulisan identifier
a. Nama identifier harus dimulai dengan karakter huruf alfabet: a sampai z, A sampai Z atau karakter '_' (underscore - garis bawah)
b. Karakter berikutnya boleh karakter numerik (0 .. 9) atau kombinasi alphanumerik (huruf-numerik).
c. Panjang nama, pada berbagai versi Pascal umumnya antara 32 - 63.
d. Tidak boleh menggunakan karakter istimewa: + - * / | \ = < > [ ] . , ; : ( ) ^ @ { } $ # ~ ! % & ` " ' dan ? Contoh penulisan:

Penulisan yang benar: NamaMahasiswa, Gaji_Karyawan, PX4, dll.
Penulisan yang salah: 3X, A & B, C Z dll.

Variabel






Deklarasi Variabel

Var
umur : byte;
nama : string;
Untuk memberikan suatu nilai pada variabel, pada statement masukan perintah:
<Nama_variabel> := <nilai>; 
Contoh program 
Var
umur : byte;
sekolah : string;
begin
umur := 20;
sekolah := ‘STMIK';
writeln('Umurku ',umur,' tahun');
writeln('Aku bersekolah di ',sekolah);
end.

Input dari User 
Var
umur : byte;
sekolah : string;
begin
write('
Umur saya berapa? '); readln(umur);
write('
Sekolah saya di mana?'); readln(sekolah);
writeln('Umurku ',umur,' tahun');
writeln('Aku bersekolah di ',sekolah');
readln;
end.
 
Uses crt
Beberapa perintah atau syntax yang memakai library ini adalah:
1. Clrscr : untuk membersihkan layar.
2. Textcolor : memberi warna pada tulisan.
3. TextBackground : memberi warna pada latar belakang tulisan tersebut.
4. GotoXY : memindahkan kursor ke posisi X,Y.
5. Sound, NoSound : membunyikan speaker dan menghentikannya.
6. Delay : menunda pemrosesan program beberapa waktu.
7. Textmode : mengubah besar karakter.


Program Pascal Sederhana

Program …

Uses …

Var
… …
Begin
…statement…
End.

Contoh:
Program Latihan1;
Uses wincrt;
Begin
Write(‘STMIK ASIA’);
End.


Untuk mengcompile, tekan F9
Untuk Runing, tekan Ctrl + F9

Percabangan

Salah satu dari tiga konstruksi fundamental adalah percabangan/branching. Dalam pascal, percabagan menggunakan syntax if then else dan case of.

Syntax:
IF kondisi THEN
BEGIN
   ...
END;
Dengan ELSE:
IF kondisi [and] kondisi [or] kondisi THEN
BEGIN
  ...
END {memang tanpa titik koma di sini; sebelum ELSE tidak perlu titik koma!!!}
ELSE
BEGIN
  ...
END;

Apabila kondisi terpenuhi, maka program akan menjalankan b\perintah yang ada setelah THEN. Tapi jika kondisi tidaki terpenuhi, maka program akan menjalankan program setelah ELSE.

Contoh penggunaan:
Var i: integer;
Begin
Write('Masukkan bilangan antara 1-100: '); readln(i);
  If i<=50 then
Write('bilangan kecil')
  Else
Write('bilangan besar');
End.

2 komentar:

pipppppppppppp komentnen punyaqw yang variabelllll